Senin, 24 November 2008

proposal skripsi

ANALISIS PERSEPSI PEGAWAI UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA DALAM PERENCANAAN BIAYA PENDIDIKAN (STUDI TENTANG KECENDRUNGAN PILIHAN PADA PRODUK ASURANSI SYARIAH ATAU PERBANKAN SYARIAH)

PROPOSAL SKRIPSI

Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi Islam (SEI)




Oleh:

FIRDAUS

106046201732

KONSENTRASI ASURANSI SYARIAH

PROGRAM STUDI MUAMALAH ( EKONOMI ISLAM )

FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH

JAKARTA

1429 H / 2008
BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Krisis yang berkepanjangan sejak tahun 1997 menimpa Indonesia hingga kini dan merupakan krisis multidimensi yang menyentuh sendi-sendi negara. Kondisi perekonomian negara yang menurun dan situasi politik yang tidak stabil yang menyebabkan semakin terpuruknya nilai tukar rupiah dengan mata uang asing, harga barang-barang meningkat, daya beli masyarakat lemah dan berakibat dunia usaha mengalami ketidak bergairahan serta biaya pendidikan semakin hari semakin mahal.

Mahalnya biaya pendidikan saat ini membuat setiap orang tua harus benar-benar merencanakan dan mengganggarkan dana pendidikan anak sedini mungkin, bahkan sejak anak masih dalam kandungan. Hal ini bertujuan untuk meringankan beban biaya yang harus dikeluarkan saat anak memasuki usia sekolah[1].

Bagi semua orang, anak adalah harta yang tak terhingga nilainya. Setiap orang tua tentu saja ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Besarnya dana yang dikeluarkan untuk membiayai sekolah dan pendidikan anak lainnya jangan dianggap sebagai biaya, namun itu adalah bagian dari investasi. Bukankah semua orang tua bahkan negara ini mengharapkan setiap anak yang notabene cikal bakal pemimpin bangsa harus punya bekal pendidikan yang memadai?

Tidak dapat dipungkiri semakin tinggi pendidikan yang ingin ditempuh semakin besar investasi yang harus dikeluarkan.Dari mana dananya? Pertanyaan ini seringkali dilontarkan para orang tua terutama pada masa-masa tahun ajaran baru. Para orangtua mengeluh karena harus mengeluarkan dana yang besar untuk membayar sekolah, beli baju, buku, peralatan sekolah, dan lain-lain. Mengapa baru terdengar dan diributkan pada saat pembayaran yang harus segera disetorkan? Padahal pengeluaran ini bukan merupakan pengeluaran yang insidentil karena terjadi setiap tahun sehingga harus dimasukkan dalam anggaran tahunan. Apabila semua itu telah direncanakan sejak awal tentu tidak akan membebani anggaran pengeluaran.

Untuk itu, perlu adanya suatu rencana keuangan dari pihak orang tua dalam mengeluarkan biaya yang bersifat tak terduga tersebut. Salah satunya adalah dengan mengasuransikan segala kebutuhan tersebut sehingga dapat dikelola dengan baik dan terhindar dari hutang yang tidak diingikan. Memang untuk saat ini masyarakat belum banyak mengetahui tentang produk asuransi baik itu yang konvensional maupun asuransi berbasis syariah.

Produk asuransi yang dikenal asuransi syariah pada dasarnya ada 2 (dua) jenis, yaitu produk asuransi jiwa (life insurance) dan produk asuransi kerugian (general insurance). Salah satu produk asuransi jiwa yang ada unsur tabungannya adalah asuransi dana siswa. Pada dasarnya asuransi dana siswa merupakan suatu bentuk perlindungan untuk perorangan yang bermaksud menyediakan dana pendidikan, dalam mata uang rupiah dan US Dolar untuk putra-putrinya sampai sarjana[2].

Sedangkan pada produk perbankan pada dasarnya ada 3 (tiga) jenis, yaitu pendanaan, jasa perbankan, dan pembiayaan. Salah satu produk dari pendanaan dalam bentuk tabungan adalah tabungan pendidikan. Pada dasarnya tabungan pendidikan diperuntukan bagi orang tua yang menginginkan anaknya sekolah sampai sarjana. Produk ini diharapkan bisa membantu para orang tua untuk meringankan biaya pendidikan dan juga bisa mengurangi jumlah kehilangan kesempatan memperoleh pendidikan. Ada persamaan produk, antara asuransi dan perbankan salah satunya pada persiapan dana pendidikan anak.

Persiapan dana pendidikan yang sudah lama dikenal oleh orang tua kita dahulu adalah asuransi pendidikan. Dengan membeli suatu produk asuransi pendidikan akan tersedia dana yang akan dicairkan oleh pihak asuransi saat anak memasuki TK, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Pembelian produk ini dapat dibayar tunai sekaligus, maupun dengan cara diangsur per triwulan, 6 bulanan dan tahunan sampai jangka waktu yang telah ditentukan. Sebenarnya hal ini sama saja seperti hanlya menabung, pencairan tabungan bisa dilakukan pada masa anak memasuki usia sekolah. Manfaat yang diperoleh yakni adanya asuransi yang akan menjamin tersedianya dana tersebut bila orangtua telah meninggal dunia.

Selain asuransi pendidikan yang telah ada, saat ini telah tersedia berbagai produk tabungan dan asuransi yang dikemas dengan baik yang ditujukan untuk persiapan dana pendidikan. Tidak hanya asuransi pendidikan namun tersedia juga tabungan pendidikan berasuransi yang akhir-akhir ini marak dipasarkan di berbagai bank di tanah air.

Menurut Safir Senduk (Perencana Keuangan), menjelaskan bahwa biaya pendidikan di Indonesia setiap tahun rata-rata naik 10%[3]. Jelas, membutuhkan bekal tidak sedikit dalam mempersiapkan uang pendidikan untuk anak. Melalui pendidikan inilah harapan orang tua untuk menyiapkan masa depan yang lebih baik bagi buah hatinya atau generasi penerus dapat diwujudkan. Adanya produk dana pendidikan di asuransi syariah dan perbankan syariah telah memberikan alternatif bagi para orang tua dalam menyiapkan dana pendidikan anaknya yang lebih terjamin.

Empat alasan kenapa orang tua perlu menyediakan dana pendidikan untuk anaknya[4], diantaranya:

1. Tingginya pendidikan saat ini;

2. Naiknya biaya dari tahun ke tahun;

3. Ketidakpastian ekonomi dimasa mendatang;

4. Ketidakpastian fisik orang tua dimasa mendatang.

Kemudian melihat banyaknya kegunaan yang didapat dari produk dana pendidikan yang ditawarkan oleh asuransi atau perbankan, maka penulis tertarik membahas masalah ini lebih dalam, dalm bentuk skripsi dengan judul:

“Analisis Persepi Pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dalam Perencanaan Biaya Pendidikan (Studi Tentang Kecendrungan Pilihan pada Produk Asuransi Syariah atau Perbankan Syariah)”

B. Pembatasan dan Perumusan Masalah

Dalam penelitian ini penulis hanya membatasi masalah pada persepsi pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam perencanaan biaya pendidikan. Walaupun masih banyak masalah yang perlu diteliti mengenai dana pendidikan, seperti peranannya, tinjauan hukum Islamnya, mekanismenya, dan lain sebagainya. Akan tetapi penulis lebih tertarik pada persepi pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam perencanaan biaya pendidikan, studi tentang kecendrungan pilihan pada produk asuransi syariah atau perbankan syariah.

Dari pembatasan masalah tersebut, perumusan masalah yang muncul adalah:

1. Bagaimana gambaran umum pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap produk dana pendidikan pada asuransi syariah dan perbankan syariah ?

2. Bagaimana perbandingan pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap produk dana pendidikan pada asuransi syariah dan perbankan syariah ?

3. Pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta cenderung memilih produk dana pendidikan pada asuransi syariah atau perbankan syariah ?

4. Apakah tujuan pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memilih salah satu produk dana pendidikan pada asuransi syariah atau perbankan syariah ?

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan dari penelitian ini diantaranya adalah untuk:

1. Mengetahui pengetahuan pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengenai gambaran umum dana pendidikan pada asuransi syariah dan perbankan syariah;

2. Mengetahui perbandingan pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap dana pendidikan pada asuransi syariah dan perbankan syariah;

3. Mengetahui kecendrungan pilihan pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap tabungan pendidikan pada asuransi syariah atau perbankan syariah;

4. Mengetahui tujuan pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memilih produk dana pendidikan pada asuransi syariah atau perbankan syariah;

Adapun manfaat penelitian ini adalah:

1. Manfaat Akademis

a. Untuk menambah dan memperkaya bahan kajian dan pustaka serta menambah khasanah pengetahuan tentang persepsi pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam perencanaan biaya pendidikan (studi tentang kecendrungan pilihan pada produk asuransi syariah atau perbankan syariah);

b. Untuk menambah wawasan intelektualitas dibidang asuransi syariah dan perbankan syariah terutama mengenai salah satu produk dana pendidikan;

c. Menjadi referensi dan sarana penilaian bagi kalangan akademis maupun praktisi dalam menunjang penelitian selanjutnya yang akan bermanfaat sebagai bahan perbandingan bagi penelitian yang lain;

d. Bagi masyarakat, diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang dana pendidikan menurut asuransi syariah dan perbankan syariah.

2. Manfaat Praktisi

a. Bagi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, diharapkan penelitian ini menghasilkan informasi yang dijadikan bahan pertimbangan dalam rangka merumuskan kebijakan dan pengambilan keputusan mengenai kesejahteraan pegawainya berupa penyediaan dana pendidikan untuk pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

b. Menjadi input/masukan yang bermanfaat bagi asuransi syariah dan perbankan syariah mengenai analisis persepsi nasabah dalam perencanaan biaya pendidikan.

D. Metode Penelitian dan Teknik Penulisan

1. Jenis Penelitian

Penelitian awal yang penulis dilakukan adalah Penelitian Kepustakaan (Library Research), yaitu penulis mengkaji data yang diperoleh dari berbagai buku, bahan-bahan referensi, dan bahan bacaan lain yang relevan dengan pembahasan skripsi ini.

Selain itu penulis juga melakukan Penelitian Lapangan (Field Research), karena penulis melakukan penelitian langsung ke lembaga yang dijadikan obyek penelitian yaitu bagian pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kemudian penelitian ini juga termasuk dalam riset deskriptif, karena dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui dan menggambarkan persepsi pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam perencanaan biaya pendidikan, tentang kecendrungan pilihan pada produk asuransi syariah atau perbankan syariah.

Jenis Data dan Sumber Data

a. Jenis Data

1) Data Kuantitatif, pada dasarnya penulis menggunakan data kuantitatif dalam penelitian ini, karena alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah berupa kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan tertutup dan terstruktur yang kemudian penulis mengubah data tersebut menjadi satuan angka-angka.

2) Data Kualtitatif, selain data kuantitatif, penulis juga menggunakan data kualitatif yang penulis peroleh dari data-data sekunder. Sebaliknya data kualitatif yang penulis peroleh bukan merupakan data berupa angka-angka/kuantitatif.

b. Sumber Data

1) Data Primer

Data primer yang penulis peroleh adalah data langsung dari responden yaitu pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian menggunakan kuesioner dan wawancara dengan pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

2) Data Sekunder

Penulis menggunakan data sekunder yang diperoleh dari:

a) Buku-buku metode penelitian, khususnya mengenai riset pemasaran;

b) Buku-buku asuransi syariah, perbankan syariah dan ekonomi Islam;

c) Buku-buku mengenai prilaku konsumen dan persepsi;

d) Majalah, Koran, brosur, jurnal yang memuat artiekl-artikel mengenai dana pendidikan;

e) Dan sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan materi skripsi ini.

3. Populasi dan Teknik Pengambilan Sampel

a. Populasi

Populasi dalam penelitian ini adalah mencakup pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang sebagai dosen tetap (sudah menjadi PNS), dan pegawai Tata Usaha (yang sudah menjadi PNS) yang berjumlah semuanya 1058 pegawai per maret 2008[5].

b. Teknik Pengambilan Sampel

Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Probability Sampling, yaitu penarikan sample yang setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel (mengambil sampel secara tidak sengaja) dan metode yang digunakan adalah simple random sampling (teknik acak secara sederhana).

Banyaknya sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Slovin:

n = N/(1+Ne2)

di mana: n = Jumlah sampel

N = Ukuran populasi

E = Error 5 % (kesalahan yang diterima)

Diketahui, bahwa jumlah pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah sebanyak 1058 orang per maret 2008, maka berdasarkan rumus di atas banyaknya sample dapat dihitung sebagai berikut:

n = 1058 / (1+1058. 0,052)

n = 1058 / 3,645

n = 290,26 dibulatkan menjadi 290

Penulis membagi 12 distrik (daerah), sesuai dengan fakultas yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan ditambah dengan akademik pusat satu distrik tersendiri. Jadi setiap distrik masing-masing 24 sampel dan ada dua distrik yang 25 sampel.

4. Teknik Pengumpulan Data

Karena penulis ingin memperoleh informasi mengenai persepsi pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam perencanaan biaya pendidikan tentang kecendrungan pilihan produk asuransi syariah atau perbankan syariah, maka penulis menggunakan metode survei dalam pengumpulan data, data yang penulis kumpulkan merupakan data kuantitatif. Survei yang dilakukan adalah dengan menemui responden secara langsung atau bertatap muka, ini dinamakan survei individu, yang menggunakan alat:

a. Kuesioner, peneliti akan menyebarkan sejumlah pertanyaan tertulis yang bersifat tertutup kepada pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk memperoleh informasi mengenai persepsi pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam perencanaan biaya pendidikan tentang kecendrungan pilihan produk asuransi syariah atau perbankan syariah;

b. Wawancara (interview), peneliti akan datang langsung mewawancarai pihak yang terkait dengan informasi yang dibutuhkan yang berkaitan dengan pembahasan, dalam hal ini peneliti akan mewawancarai bagian kepegawain UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

  1. Teknik Analisis Data

Penulis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dalam menganalisis data, karena dalam analisis ini penulis bertujuan mengubah kumpulan data mentah menjadi data yang mudah dipahami dalam bentuk informasi yang lebih ringkas.

Data yang terkumpul diperiksa kembali mengenai kelengkapan jawaban yang diterima, kejelasannya, konsistensinya, atau informasi yang biasa disebut editing. Kemudian data tersebut penulis analisis dengan menggunakan metode analisis data mean (rata-rata) pada program SPSS for Window Versi 12 dan program Excel, kemudian juga penulis analisis dengan analisis persentasenya.

  1. Obyek Penelitian

Adapun obyek penelitian ini dilakukan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yaitu pegawainya. Pegawai disini adalah dosen yang sudah diangkat menjadi PNS dan pegawai administrasi yang diangkat menjadi PNS. Mengapa penulis memilih responden yang sudah diangkat menjadi PNS saja, karena sumber pendapat responden paling utama di UIN Syarif Hidatatullah Jakarta.

  1. Teknik Penulisan Laporan

Adapun teknik penulisan skripsi ini merujuk pada “Buku Pedoman Penulisan Skripsi yang diterbitkan oleh Fakultas Syarih dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2007”.

E. Review Studi Terdahulu

Berikut berapa anotasi dari beberapa skripsi yang terkait dengan tema penulis yang didapatkan dari Perpustakaan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta;

Penelitian pertama adalah penelitian yang dilakukan oleh Irma Rahmawati, NIM 203046101711 (Mahasiswa Perbankan Syariah kelas ekstensi) yang berjudul Analisi Persepsi Nasabah Terhadap Manfaat Tabungan Permata Pendidikan Syariah (Studi pada PT. Bank Permata Tbk Kantor Cabang Syariah Arteri Pondok Indah) penelitian yang dilakukan pada tahun 2008, ini fokus pada penjelasan mengenai persepsi nasabah Bank Permata Syariah pada manfaat tabungan pendidikan. Dari sisi metode penelitian, penelitian yang dilakukan oleh saudari Irma Rahmawati menggunakan pendekatan normatif. Kemudian, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kepustakaan, kuisioner dan wawancara dengan metode analisa kualitatif dan kuantitatif. Penelitian yang dilakukan oleh saudari Irma Rahmawati jelas berbeda dengan penelitian yang penulis bahas. Perbedaan tersebut terletak (salah satunya) pada obyek penelitian. Obyek penelitian penulis adalah kecendrungan pilihan produk dana pendidikan pada asuransi syariah atau perbankan syariah, sedangkan obyek penelitian saudari Irma Rahmawati yaitu manfaat tabungan pendidikan.

Penelitian kedua adalah penelitian yang dilakukan oleh Jessy Rosandi, NIM 9946217227 (Mahasiswa Asuransi Syariah kelas ekstensi) yang berjudul Tinjaun Hukum terhadap Asuransi Dana Pendidikan (Studi Kasus pada PT. Asuransi Bringin Life Syariah), penelitian yang dilakukan pada tahun 2004, ini fokus pada penjelasan mengenai tinjauan hukum Islam terhadap asuransi dana pendidikan. Dari sisi metode penelitian, penelitian yang dilakukan oleh Jessy Rosandi menggunakan deskriptif kualitatif. Kemudian, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kepustakaan, observasi, dan dokumentasi. Penelitian yang dilakukan oleh Jessy Rosandi jelas berbeda dengan penelitian yang penulis bahas. Perbedaan tersebut terletak (salah satunya) pada obyek penelitian. Obyek penelitian penulis adalah kecendrungan pilihan produk dana pendidikan pada asuransi syariah atau perbankan syariah, sedangkan obyek penelitian yang dilakukan oleh Jessy Rosandi adalah tentang tinjaun hukum Islam terhadap asuransi dana pendidikan.

Penelitian ketiga adalah penelitian yang dilakukan oleh Zakiamani , NIM 10104622246 (Mahasiswa Asuransi Syariah kelas reguler) yang berjudul Strategi Produk Asuransi Dana Siswa pada Asuransi Takaful Keluarga, penelitian yang dilakukan pada tahun 2005, ini fokus pada penjelasan mengenai strategi produk dana pendidikan siswa. Dari sisi metode penelitian, penelitian yang dilakukan oleh saudara Zakiamani menggunakan pendekatan teoritis. Sedangkan, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, dan penelitian lapangan. Penelitian yang dilakukan oleh saudara Zakiamani jelas berbeda dengan penelitian yang penulis bahas. Perbedaan tersebut terletak (salah satunya) pada obyek penelitian. Obyek penelitian Zakiamani adalah bagaimana strategi pemasaran produk asuransi dana siswa, sedangkan obyek penelitian penulis adalah kecendrungan pilihan produk dana pendidikan pada asuransi syariah atau perbankan syariah.

Penelitian keempat adalah penelitian yang dilakukan oleh Masruriah, NIM 9946217280 (Mahasiswa Asuransi Syariah kelas ekstensi) yang berjudul Pengelolaan Dana Asuransi Pendidikan pada Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputra. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2006, ini fokus pada penjelasan mengenai pengelolaan dana asuransi pendidikan. Dari sisi metode penelitian, penelitian yang dilakukan oleh saudari Masruriah menggunakan deskriptif analisis. Kemudian, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian yang dilakukan oleh saudari Masruriah jelas berbeda dengan penelitian yang penulis bahas. Perbedaan tersebut terletak (salah satunya) pada obyek penelitian. Obyek penelitian penulis adalah kecendrungan pilihan produk dana pendidikan pada asuransi syariah atau perbankan syariah, sedangakan obyek penelitian yang dilakukan oleh saudari Masruriah adalah pengelolaan dana asuransi pendidikan.

F. Kerangka Pemikiran

Pada dasarnya seorang mengambil keputusan untuk memilih produk dana pendidikan menurut asuransi atau perbankan didasari oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi salah satunya adalah persepsi dari seseorang itu sendiri terhadap produk dana pendidikan yang dipilihnya dari asuransi atau perbankan. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi salah satunya adalah stimulasi-stimulasi dari dari perusahaan asuransi atau perbankan yaitu bagaimana perusahaan asuransi atau perbankan mempromosikan produk dana pendidikan sehingga seseorang akan mempersepsikan produk dana pendidikan, yang selanjutnya terjadilah keputusan seseorang untuk memilih produk dana pendidikan dari asuransi atau perbankan, dan atau tidak memilih keduanya.

G. Sistematika Penulisan

Untuk lebih terarah dalam pembahasan skripsi ini, penulis membuat sistematika penulisan sesuai dengan masing-masing bab. Penulis membaginya menjadi 5 (lima) bab, yang masing-masing bab terdiri dari beberapa sub bab yang merupakan penjelasan dari bab tersebut. Adapun sistematika penulisan tersebut adalah sebagai berikut:

BAB I

Pendahuluan, berisi tentang: Latar Belakang Masalah, Pembatasan dan Perumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metode Penelitian dan Teknik Penulisan, Kerangka Pemikiran, Review Studi Terdahulu, serta Sistematika Penulisan

BAB II

Gambaran Umum Produk Asuransi Syariah dan Perbankan Syariah. Pertama, Produk Asuransi Syariah, meliputi Jenis-jenis, Produk-produk, Prioritas dan Kelayakan Produk, dan Segmentasi Pemasaran Produk, Pengembangan Produk. Kedua, Produk Perbankan Syariah, meliputi Jenis-jenis, Produk-produk, Prioritas dan Kelayakan Produk, dan Segmentasi Pemasaran Produk.

BAB III

Gambaran Umum Persepsi Pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam Perencanaan Biaya Pendidikan, yang terdiri dari: Pertama, Persepsi, meliputi Definisi Persepsi, Proses Persepsi, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi, dan Macam-macam Persepsi. Kedua, Pengertian Pegawai. Ketiga, UIN Jakarta, meliputi Sejarah Singkat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Visi, Misi dan Tujuan, Struktur Organisasi, Fakultas-fakultas yang ada, dan Data Statistik Kepegawaian. Keempat, Perencanaan, meliputi Definisi Perencanaan, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perencanaan, Macam-macam Perencanaan. Kelima, Biaya Pendidikan, meliputi Definisi Biaya Pendidikan, Faktor-faktor yang Mempengaruhi, dan Macam-macam Biaya Pendidikan.

BAB IV

Hasil Penelitian dan Analisa Data, terdiri dari: Profil Responden, Gambaran Umum Pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap Produk Dana Pendidikan pada Asuransi Syariah dan Perbankan Syariah, Perbandingan Pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap Dana Pendidikan pada Asuransi Syariah dan Perbankan Syariah, Kecendrungan Pilihan Pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap Poduk Dana Pendidikan pada Asuransi Syariah atau Perbankan Syariah, dan Tujuan Pegawai UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Memilih Salah Satu Produk Dana Pendidikan Asuransi Syariah atau Perbankan Syariah.

BAB V

Penutup. Dalam bab kelima ini merupakan akhir dari seluruh rangkain pembahasan dalam skripsi ini. Bab ini berisi: Kesimpulan dan Saran-saran dari penulis mengenai hal-hal yang dibahas dalam skripsi ini.


DAFTAR PUSTAKA SEMENTARA

Antonio, Muhammad Syafi’i. Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press, 2002.

Arifin, Zainul. Memahami Bank Syariah: Lingkup, Peluang, Tantangan, dan Prospek. Jakarta: AlvaBet, 1999

Hisan, Husain Hamid. Asuransi dalam Hukum Islam: Tinjauan Atas Riba, Maisir, dan Gharaor. Jakarta: CV Firdaus Jakarta, 1996

Hosen, Muhammad Nadratuzzaman. dkk. Materi Dakwah Ekonomi Syariah. Jakarta: PKES (Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah), 2008

Janwari, Yadi. Asuransi Syariah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2005

Lewis, Mervyn K dan Algaoud, Latifa M. Perbankan Syariah: Prinsip, Praktik dan Prospek. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2003

Muhamad. Bank Syariah: Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman. Yogyakarta: Ekonisia, 2002

Muthahhari, Murtadha. Pandangan Islam tentang Asuransi dan Riba. Bandung: Pustaka Hidayah, 1995.

Salim, Abbas. Asuransi dan Manajemen Risiko. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005

Schiffman, Leong G dan Kanuk, Leslie Lazar. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks Group Gramedia, 2000

Senduk, Safir. Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak: Seri Perencanaan Keuangan Keluarga. Jakarta: Elex Media Komputindo, 1999

Setiadi, Nugroho J. Prilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Pernada Media, 2005

Suhendi, Hendi dan Yusup, Deni K. Asuransi Takaful: Dari Teoritis ke Praktik. Bandung: Mimbar Pustaka, 2005

Sula, Muhammad Syakir. Asuransi Syariah (Life and General): Konsep dan Sistem Operasional. Jakarta: Gema Insani, 2004

Suprayitno, Eko. Ekonomi Islam: Pendekatan Ekonomi Makro Islam dan Konvensional. Yogyakarta: Garaha Ilmu, 2005

Sutisna. Prilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya: 2003

Zulkifli, Sunarto. Panduan Praktis Transaksi Perbankan Syariah. Jakarta: Zikrul Hakim, 2003

http://widyafayra.blogspot.com/2008/03/mempersiapkan-dana-pendidikan-anak.html



[1] http://widyafayra.blogspot.com/2008/03/mempersiapkan-dana-pendidikan-anak.html

[2] M. Syakir Sula, “ Asuransi Syariah Life and General, Konsep dan Sistem Operasional”, (Jakarta: Gema Insani Press, 2004), hlm 641

[3] Safir Senduk, Seri Perencanaan Keuangan Keluarga, Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2007), cet ke-6, h. 16

[4] Ibid, h. 7

[5] Khalimatu Syadiyah ( Staf bagian Kepegawaian UIN Jakarta), penulis melakukan wawancara tanggal 3 November 2008.

Tidak ada komentar: